Senin, 08 Agustus 2011

Dungeon Siege III

Harga Rp 20.000 (1DVD)

Minimum System Requirements:
  1. Windows XP SP3, Vista SP2, dan Windows 7
  2. CPU: Core 2 Duo E4400 2.0 GHz / Athlon 64 X2 Dual Core 4200+
  3. RAM: 2 GB
  4. Video: NVIDIA GeForce 8800 series / ATI Radeon HD3000 series
  5. HDD: 4 GB
  6. DirectX 9.0c dan DirectX 11



Keunikan adalah nafas dari game action. Sebuah game yang tidak mampu memberikan perbedaan dibandingkan game pesaingnya sama seperti menggali lubang kubur sendiri. Ya, game itu boleh memiliki bentuk permainan yang sama dengan game lain. Namun, ia juga harus menyajikan feature unik yang membuatnya menonjol. Bila tidak, pemainnya akan bosan dan pindah ke game lain. Anda tentu menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang cepat bosan.

Pedoman ini dipegang erat Dungeon Siege pertama dan kedua. Ingatkah Anda akan keunikan kedua game ini dibandingkan game role playing (RPG) action lain? Karakter Anda akan berkembang sesuai dengan jenis serangan yang dilakukannya! Tidak berdasarkan alokasi poin di statistik sebagaimana halnya yang terjadi di RPG action lain. Anda sering menyerang dengan menggunakan melee (serangan jarak dekat)? Maka statistik pertahanan dan Strength akan naik. Begitu juga ketika menyerang dengan sihir. Anda bisa mengharapkan peningkatan dalam statistik yang berhubungan langsung, seperti Intelligence. Tidak ada game RPG Action lain yang mampu memikirkan konsep ini!

Apakah konsep ini masih dipertahankan dalam Dungeon Siege 3? Apalagi bila kekurangan satu-satunya dalam seri game sebelumnya, yaitu kualitas tampilan dapat diperbaiki. Sayangnya, satu-satunya keunikan utama tersebut dicabut dari peredaran! Anda tidak dapat menemui feature yang menarik dan unik tersebut dalam Dungeon Siege 3. Malahan, game ini mengadopsi bentuk permainan action yang menyederhanakan banyak hal. Jadi, game ini menggunakan bentuk permainan mainstream dan melepas keunikan yang menjadi daya tarik utama seri Dungeon Siege.

Namun, tidak adil rasanya bila game ini langsung divonis hanya karena hilangnya ciri khas seri Dungeon Siege. Sebenarnya hal ini bisa dimaklumi karena perubahan Publisher dan Developer yang menangani game ini. Sebelumnya, seri Dungeon Siege diusung oleh Microsoft Games dan Gas Powered Games. Pada Dungeon Siege 3, hak pengembangan game telah berpindah tangan ke Square Enix dan Obsidian. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai beragam feature yang ditawarkan game ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai bentuk permainannya.

Permainan pada Dungeon Siege 3 lebih condong ke action dibandingkan RPG, didukung dengan adanya beragam aksi untuk menghindar dan bertahan. Statistik memang masih memengaruhi ketahanan karakter, tetapi disarankan untuk menghindari serangan musuh. Kelincahan Anda dalam mengendalikan karakter menjadi elemen yang penting dalam game ini. Oleh karena itu, kamera yang memiliki mekanisme bagus adalah keharusan. Sayangnya, kamera third person yang digunakan memiliki zoom level terbatas. Jadi, terkadang Anda masih terkena tembakan musuh yang datang dari luar sudut kamera.
Karakter yang dapat Anda pilih terdiri dari empat orang. Setiap karakter tersebut tentunya memilki kelebihan dan kekurangan. Namun, satu hal yang patut diperhatikan adalah kemampuan setiap karakter untuk menggunakan dua jenis serangan. Biasanya, mode pertama berguna untuk menyerang musuh secara individual dan serangan kedua untuk kelompok musuh. Serangan musuh yang bersifat individual memang terbatas pada satu musuh saja. Namun, kekuatan serangannya jauh lebih besar bila dibandingkan dengan serangan kelompok. Kemampuan untuk memutuskan berpindah dari satu jenis serangan ke yang lain adalah hal yang sangat penting dalam game ini.

Perkembangan statistik merupakan salah satu elemen RPG yang dimiliki game ini. Karakter yang Anda gunakan memang dapat naik level setelah banyak mendapatkan poin experience. Namun, peningkatan statistik terbesar bukan berasal dari kenaikan level tersebut. Ternyata, perlengkapan memiliki andil besar dalam peningkatan kemampuan karakter. Mulai dari senjata hingga armor yang Anda gunakan memiliki poin statistik. Oleh karena itu, perlengkapan baru yang Anda gunakan akan turut mengubah statistik karakter.

Statistik yang fleksibel tersebut memang cukup menarik. Pasalnya, Anda dapat mengubah statistik sesuai dengan bentuk permainan Anda. Namun, keterangan mengenai kegunaan poin statistik tersebut menjadi permasalahan baru. Masalahnya, statistik yang digunakan tidak seperti yang biasa ditemui pada RPG pada umumnya. Pesan pop up yang biasanya muncul ketika Anda menggerakkan pointer mouse ke statistik tersebut juga tidak ada dalam game ini. Satu-satunya cara adalah dengan menekan Esc untuk mengeluarkan menu Pause dan memilih opsi “Help”.

Bila kenaikan level tidak berpengaruh pada statistik, lalu apa gunanya feature tersebut? Rupanya kenaikan level berguna untuk tiga hal, yaitu memberikan poin proficiency, Talent, dan Ability. Singkatnya, Proficiency memberikan skill aktif baru yang bisa Anda gunakan dalam pertempuran, Talent untuk memperkuat skill tersebut, dan Ability untuk menambahkan bonus terhadap kemampuan karakter. Proficiency tidak selalu Anda dapatkan di setiap kenaikan level, tidak seperti Talent dan Ability.

Skill yang dapat Anda gunakan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu skill yang digunakan pada mode serangan individual, serangan kelompok, dan ketika Anda bertahan. Dua skill pertama berguna untuk melukai musuh sedangkan skill yang dapat digunakan ketika bertahan biasanya untuk menyembuhkan. Sumber energi yang digunakan untuk melancarkan dua jenis skill tersebut tersebut juga berbeda. Skill penyerangan menggunakan Focus yang dapat diisi kembali ketika Anda mendaratkan serangan non-skill ke musuh. Kemudian, skill penyembuhan mengonsumsi orb yang juga dapat diisi kembali ketika Anda menyerang musuh. Namun, orb lebih lama untuk diisi dibandingkan Focus. Jadi, game ini memandatkan Anda untuk tidak banyak terkena serangan musuh. Kecuali tentu saja bila serangan Anda memiliki statistik mengubah porsi serangan ke musuh menjadi Health (Vampire).

Hal lain yang dapat memengaruhi perkembangan karakter Anda adalah “Deeds”. Feature ini memiliki peranan besar untuk karakter Anda, karena ia mampu memberikan tambahan nilai statistik permanen. Lalu, apakah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan Deeds? Cukup mudah: Anda hanya perlu menyelesaikan quest tambahan dan menemukan rahasia yang biasanya dilindungi teka-teki. Bila Anda cukup rajin menjelajahi game ini, maka Deeds akan menumpuk dengan sendirinya.

Perlu Anda ketahui bahwa game ini memiliki beberapa tingkat kesulitan. Tingkatan tersebut memengaruhi berapa besar serangan musuh terhadap Anda dan ketahanan tubuh musuh. Bila Anda tidak terbiasa untuk bertindak gesit dan cekatan untuk menghindari serangan musuh pada tingkat kesulitan Normal, jangan heran bila layar Game Over akan terus menghantui. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengundang teman untuk bermain bersama.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Dungeon Siege 3 sesuai dengan selera Anda? Bila Anda mengharapkan game yang sama seperti seri sebelumnya, maka Anda akan menemui kekecewaan di sini. Namun, untuk para gamer yang memang menyukai aksi yang membutuhkan kegesitan dan reaksi, maka game ini cocok untuk Anda.
(Sumber Jagat Review )

Sebelum kita memainkannya, lihat dulu Trailernya, dan jangan lupa berikan komentarnya ya :)


0 komentar:

Posting Komentar

Protected by Copyscape Duplicate Content Software

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More